Malam minggu di Tunas Melati

1 10 2007

Well, kerja di Bag Kemahasiswaan (selanjutnya disebut BK) ternyata mengandung banyak hikmah..

Seperti pada hari ini Sabtu/29 Sept 07 aq mewakili BK menghadiri buka puasa bersama Korps Suka Rela (selanjutnya disebut KSR) STT Telkom dengan para penghuni panti asuhan Tunas Melati di Batu Raden, Bandung.

Here goes the story …

Setelah rapat yang ‘bersemangat’ dengan dua orang alumni STT Telkom (p Catur&p Nofri), aq buru – buru pulang ke kost. Waktu telah menunjukkan pukul 14.45. Selang berapa menit kemudian, azan ashar berkumandang. Aq segera mandi, wudhu dan bergegas menuju Masjid Syamsul Ulum. Empat rakaat shalat ashar telah kuselesaikan, aq pun setengah berlari menuju sekre KSR di student center. Alhamdulillah, pas banget..rombongan KSR (mayoritas mereka ank 2007) sudah siap berangkat..

20 menit kemudian, kami nyampe di panti asuhan Tunas Melati… masya Allah, rupanya panti asuhan itu letaknya tepat di sebelah SMA 25 Bandung (SMA yang cukup terkenal)dan sebenarnya aku sudah sering berkunjung ke SMA itu sewaktu promosi STT Telkom, namun baru sekarang aku sadar bahwasanya di sebelah SMA 25 itu ada panti asuhan.

pakYusuf, pimpinan di panti asuhan tersebut menyatakan bahwasanya panti asuhan ini sudah berdiri sejak tahun 2000 dengan lokasi pertama di samping BSM (Bandung Super Mall !!). Namun, kemudian dengan pertimbangan (yang tidak diucapkan oleh pak yusuf) tertentu, lokasi panti asuhan dipindahkan ke tempat sekarang. Jumlah anak yang ditampung di panti ini mencapai 40 an orang (pria-wanita, ada SD, SMP, hingga SMA)

Setelah sambutan2, acara bubar dilanjutkan dengan game unik ala KSR; ada game kejar-kejaran, ada game isi ember dengan air dari gelas aqua kecil, ada juga game puzzle. Setelah itu, ustadz arkom (bukan arsitektur komputer..just arkom ) memberikan kultum (kuliah tujuh menit).

Pada saat ustadz arkom memberikan kultum, aq melihat kesungguhan dari anak2 panti yang berjumlah sekitar 20an dalam menyimak uraian ustadz. Namun, dari sekian anak panti, aku tertarik sama 2 orang, yaitu Galih dan Thorriq. Mereka berdua sangat akrab satu sama lain.. tadinya aq pikir mereka adik-kakak kandung, tapi ternyata tidak..

si Galih memang anak yang dititipkan di panti oleh ayah-ibunya, sedangkan Thorriq adalah anak dari orang yang punya panti Tunas Melati…:-) Pada saat ngobrol dengan Galih yang baru berusia 7 tahunan, aq berhasil mengorek informasi bahwasanya Orangtua nya masih ada, tapi satu di Jakarta dan satu di Bandung. Galih dan adik kandungnya dititipkan di panti Tunas Melati (tentu alasan ekonomi ..). “Setiap pagi, Galih minum susu kang. Terus makan 3 kali sehari, dan klo brgkt sekolah dikasih jajan ama pak Yunus seribu-dua ribu rupiah..Alhamdulillah cukup untuk angkot dan jajan di sekolah”, ucap Galih sambil tersenyum tulus (Subhanallah, anak sekecil itu udah tau bgmn bersyukur dan ikhlas atas nikmat Allah kepadanya..). “Terus, makanan kamu setiap hari gimana, enak gak ?”, tanyaku dengan nada interogasi. “Untuk makan, Galih mah terserah umi yang masakin”, jawab Galih pasti (Umi di sini maksudnya penghuni perempuan dari panti Tunas Melati ).

Lain lagi ketika aq menghadapi Thorriq, anak ini terkesan manja terhadap Galih dan anak-anak panti Tunas Melati lainnya. Namun, yang jelas semua penghuni panti Tunas Melati sangat sayang kepada Thorriq yang masih berumur 3-4 tahun.

Waktu berjalan sangat cepat, setelah isya, aq berinisiatif melihat kamar tidur dan kamar mandi dari para penghuni pria panti Tunas Melati. Ternyata ada dua kamar tidur besar untuk penghuni pria. Yang paling dekat jendela adalah kamar untuk penghuni pria usia SMP dan SMA..kamar ini terawat, bersih, rapi, tidak pengap ataupun lembab. Sedangkan kamar yang letaknya jauh dari jendela diperuntukkan untuk penghuni pria usia SD..Nah, kamar yang satu ini lembab, pengap dan berantakan..Aq jadi gak tega ngeliatnya..:-(..Trus aq ngeliat kamar mandi pria .. ada tiga kamar mandi : dua lumayan bersih, ada pintunya..sedangkan yang satu lagi TIDAK ADA PINTUNYA (waduh..gimana nih cara mandinya biar gak diintipin orang lain ??)..

Waktu telah menunjukkan pukul 20.00 WIB, aq merasa kunjungan sekaligus buka bareng dengan penghuni panti Tunas Melati banyak mendatangkan hikmah bagiku pribadi. Sebenanrnya KSR masih punya acara sosial yang lain yaitu nonton film Islami bareng para penghuni panti Tunas Melati penghuni dan sahur bareng dengan para tuna wisma di Jl. Asia Afrika ..namun, karena besok pagi-pagi sekali aku harus pergi ke jakarta, maka aq pun undur diri kepada pak yusuf dan teman-teman KSR…

Trims atas malam minggu yang indah ini rekan2 KSR dan adik2 panti Tunas Melati🙂


Actions

Information

One response

3 05 2011
Windi S. Permana

Waahh ….
Seru juga tuh Silaturahminya.🙂
udh lama bgt ya th 2007.
kpn atuh teh mau Silaturahmi Lg dgn kami ???
Kita berbagi cerita Lg sama adik2 di tunas melati, bnyk yg baru Lho sekarang …

Tp boleh juga teh silaturahmi di blog Tunas Melati, nih alamatnya.
http://www.tunasmelati.blogdetik.com

Terima kasih ya teh ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: