Hari Pahlawan Nasional 2007

10 11 2007

Mungkin sangat sedikit di antara blogger yang ingat  kalau tanggal 10  November adalah hari Pahlawan Nasional.

Aq juga gak bakalan ingat:p, klo gak baca artikel tentang bung Tomo di Koran KOMP** pas lagi mengawasi Ujian Tengah Semester (UTS) Mahasiswaku.

Eits … adakah blogger yang tau bung Tomo itu siapa ?? Yang jelas, hari Pahlawan Nasional sangat diidentikkan dengan bung Tomo.

Aq kenal bung Tomo sejak SD kelas 6..(sekitar tahun 1995). Waktu itu tanggal 10 November 1995, aq dan semua siswa kelas 5 SD Negeri 145 Sungai Penuh diharuskan oleh Kepala Sekolah untuk pergi ke Bioskop Permata (satu-satunya bioskop yang ada di kota Kerinci saat itu) untuk nonton bareng film Bandung Lautan Api kemudian dilanjutkan dengan film tentang perjuangan bung Tomo di  Surabaya.

Bagi seorang anak kecil (yang tinggal di kampung lagi:p), nonton di bioskop  merupakan hal yang luar biasa mengasyikkan. Apalagi kalau satu bioskop itu, semua kursinya diborong oleh siswa SD Negeri 145 kelas 6.

Sampai sekarang aq belum pernah mengulangi hal yang sama : nonton di bioskop dengan para penonton semuanya teman sekelasku.

Pengalamanku yang tersebut di atas, adalah sekelumit cerita tentang bagaimana sebuah Sekolah Dasar memperingati peringatan Hari Pahlawan Nasional di tahun emas kemerdekaan RI (1995). Nah, bagaimana dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional sekarang ??

Di Bandung, sebuah komunitas Pecinta Sepeda Baheula melakukan touring dengan menggunakan sepeda onthel melewati tempat bersejarah di kota Bandung. Pak SBY merayakan hari Pahlawan Nasional dengan memberikan gelar Pahlawan Nasional bagi para pejuang di berbagai bidang, mulai dari kebudayaan sampai kesehatan.

Nah, bagaimana dengan para pemuda bangsa ini ?? yang sedang kuliah atau baru kerja beberapa tahun ??? Apa yang harus kita lakukan untuk mengingat jasa para pahlawan ??

1. Tetap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME sehingga bisa menghindarkan bangsa ini dari malapetaka

2. Menjaga, melestarikan , mengembangkan kecintaan dan kreativitas terhadap setiap warisan budaya agar jangan sampai negara lain mengklaim kebudayaan kita adalah milik mereka.

3. Berprestasi sesuai bidang pekerjaan/profesi masing-masing sehingga bisa menyadarkan bangsa lain akan kemampuan dari para pemuda bangsa ini.

Semoga para blogger yang membaca artikel ini sebagai generasi muda Indonesia bisa melakukan minimal ketiga hal di atas sehingga para Pahlawan Nasional kita bisa bangga denga apa yang kita lakukan untuk memperjuangkan Negara Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini.

Perjuangan Belum Selesai Saudara-saudara !!!


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: