Langkah-langkah mendapatkan Stuned 2008

25 01 2008
Berikut ini langkah-langkah mendapatkan beasiswa stuned versi saya :p ..
1. Universitas / institut di belanda menuntut skor IELTS >=6,0 atau TOEFL International >= 550. Oleh karena itu, kita harus mengambil test TOEFL International atau IELTS ini. Untuk rekan yang di Bandung, tempat tes IELTS adalah di IDP Jalan Sulanjana. Untuk rekan yang di kota lain, silakan browsing ke http://www.idp.com/indonesia/Terus, bagaimana kalau skor IELTS atau TOEFL International kita tidak mencapai syarat di atas ? Tidak ada jalan lain, selain kita harus memperdalam kemampuan bahasa inggris kita sehingga mencapai skor minimal seperti tertulis di atas.

2. search di internet universitas/institut di Belanda yang akan menjadi tempat kita menimba ilmu (linknya sbb : http://www.nuffic.net/ispacsearch/).

3. setelah ketemu nama universitas / institutnya, cari program studi yang kita inginkan dari website resmi universitas / institut tersebut.

4. Download Application Form yang ada di link program studi tersebut.

5. Isi Application Form dengan hati-hati, pastikan tidak ada item Application documents yang ketinggalan. Beberapa contoh item Application Documents : Akte kelahiran yang telah dilegalisir, ijazah S1 dalam bahasa asli dan terjemahannya dalam bahasa inggris, official IELTS Score yang harus >=6,0, essay sebanyak 2000-3000 kata ttg rencana studi/tesis kita selama di belanda, dll.

6. Kirimkan Application Form beserta Application Documents dalam amplop tertutup ke kantor MSc Admissions universitas/institut tersebut. Mohon diperhatikan, ada beberapa universitas/institut yang meminta kita untuk mentransfer application fee. Dan bila kita tidak mentransfer application fee tadi, maka permohonan S2/S3 kita tidak akan diproses.

7. Berikutnya kita menunggu konfirmasi dari kantor MSc Admissions apakah permohonan kita di tahap ke-enam di atas diterima atau tidak. Sebagai contoh Delft University butuh waktu 9 minggu utk menentukan kita layak menjadi mahasiswa mereka atau tidak.

8. Kalau permohonan kita diterima, maka Universitas/institut di Belanda akan mengirimkan acceptance letter kepada kita. Setelah kita menerima acceptance letter tersebut, maka kita tinggal mengirimkan acceptance letter tadi beserta persyaratan berkas stuned lainnya seperti copyan kontrak kerja kita dengan perusahaan tempat kita bekerja sekarang, surat rekomendasi, dll ke NETHERLANDS EDUCATION SUPPORT OFFICE sebelum tanggal 15 Maret 2008.

Demikian informasi dari saya, kira-kira apa lagi yang dapat saya bantu ?

Best Regards, Kemas.


Actions

Information

27 responses

25 01 2008
scratchz

wow,, keren, thx infonya. ^^

30 01 2008
Romeo

bang, gimana ya kira-kira buat ngedapetin acceptance letter dari perguruan tinggi kalau mau dapat beasiswa stuned? tolong ya bang… I wish i can pass this year….

1 02 2008
bagindokemas

Caranya adalah dengan mendownload dulu application form yang ada di website perguruan tinggi tersebut.

Kemudian, kamu harus membuat karangan dalam bahasa inggris dengan jumlah kata 2000-3000. Ketentuan tentang tema, format penulisan semuanya ada di website perguruan tinggi tersebut.

Kunci dari berhasilnya kita mendapatkan acceptance letter adalah dengan menyusun karangan / essay yang diminta oleh perguruan tinggi tersebut.

trims.

-kemas-

5 02 2008
Nugroho

Bang Bagindo,

Saya dapatkan ada kemudahan untuk orang-orang dari luar Jawa mendapat beasiswa Stuned, yakni TOEFL score hanya 450 untuk dikursuskan English lebih lanjut oleh panitia. Benarkah? Kalo benar yang ini gimana caranya?

Best Regards,
Nugroho

6 02 2008
bagindokemas

waduh .. yang ku tahu peluang teman2 yang berdomisili dari luar jawa lebih tinggi memang bila dibandingkan dengan peluang teman2 yang berdomisili di jawa untuk mendapatkan stuned ini.

Mengenai skor TOEFL yang berbeda untuk teman2 dari luar jawa… saya gak tau euy mending nelpon ke bu kustin (021-52902172 ext 224) untuk memastikan info ini.

trims.

12 02 2008
Ivan

Saya belum menemukan program Master yg “cocok” dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya, ada saran???

Oh ya, saya telah bekerja di Departemen Keuangan sampai saat ini selama 8 tahun, dan S-1 saya Ekonomi jurusan Akuntansi.

Thanks.

14 02 2008
bagindokemas

setahu saya di Belanda ada banyak program studi di bidang ekonomi atau Akuntansi, pak Ivan bisa browse

http://www.nuffic.net/ispacsearch/

untuk mendapatkan informasi tentang prodi terkait.

trims

16 02 2008
muzam

bang aku mo tanya nih, aku dah buka situs nesoindonesia aku mau download application form beasiswa master, tapi kok belum ada. apa blm di upload ya? padahalkan penutupannya bentar lagi. jadi gimana dung?

18 02 2008
bagindokemas

sebenarnya kamu bisa download form beasiswa stuned di blogku ini :

https://bagindokemas.wordpress.com/files/2008/01/stuned-form-masterprog-15-mar-08.doc

trims,
kemas

3 03 2008
Yukni Arifianti

mas, saya dah apply dan keterima di ITC Belanda. tapi saat ini saya belum punya score itp toefl atapun ielts. untuk ikutan tes dan dapetin hasil score-nya pun kaya nya ga kan keburu utk ngejar deadline beasiswa y tgl 15 maret itu. Apa Stuned bisa menerima aplikasi sya kalo bukti hasil score kemampuan b.nggrisnya nyusul?
ada ide lain utk menyiasatinya?

thanx

4 03 2008
bagindokemas

BU/MBAK YUKNI ..untuk kasus bu/mbak yuni … berarti harus menghubungi langsung bu KUSTIN no telp : 021-5290 2172 ext 224

semoga berhasil .

15 05 2008
irwansyah

mas, kalau sudah mengikuti s2 apakah dapat mengikuti s2 lagi? saya PNS dari luar jawa. IPK saya s2 di UGM 3,71. ataukah pada saat mendaftar kita tidak perlu mencantumkan gelar/ijazah s2? apakah untuk 2009 akan ada lagi scholarship programnya? thanks.

16 05 2008
rina

Mas Kemas,

Teman2 banyak yg tanya soal kandidat luar pulau jawa apakah bisa atau nggak apply stuned kalo TOEFL msh dibawah 550. Ternyata score yg diminta musti tetep 550 (score min.450 kalo yg ikutan pra registrasi luar pulau jawa dgn catatan tetap melatih bhs ingris sampe deadline april th berikutnya. Krn pengalaman pribadi saya kemaren mau ngejar deadline yg april 2008 tp nilai tofel msh 507 belum bs keterima, sedangkan di bali sendiri pelaksanaan toefl cuman sbln sekali, jadi ga kekejar deadline. Trus Disarankan oleh neso ikut yg thn depan…wah..sedih banget…so..must prepare buat semua persyaratan..
rina-bali

6 06 2008
sy_ulung@yahoo.com

sy mau tanya gimana cara mengambil formulir beasiswa belanda

11 06 2008
bagindokemas

@Sy_Ulung

Untuk Tahun 2008, beasiswa stuned udah tutup …Contoh File Stuned tahun 2008 bisa diambil di sini :
https://bagindokemas.files.wordpress.com/2008/01/stuned-form-masterprog-15-mar-08.doc

trims.

15 07 2008
betty

Mas Kemas,
Tahun lalu saya apply untuk pre registrasi Stuned. Awalnya saya dikirimin email untuk mempersiapkan diri mengikuti tes selanjutnya. Waktu itu mba ayu bilang, waktu pelaksanaan tes akan diberitahukan kemudian. Sekitar bulan oktober saya dikirimin kabar bahwa tes diundur samapi bulan november dan peserta dilarang melakukan korespondensi sampai waktu pelaksanaan tes dilaknsanakan. tetapi, setelah email yang ketiga itu, saya tidak lagi dikirimin berita apapun sampai hari ini. Dipanggil untuk tes tidak, ditolak pun tidak… trus kira2 apakah untuk tahun ini masih ada program pre registasi?

thanks

20 07 2008
ranno

Sore Mas, mau tanya nih. kan beasiswa tutup 1 agustus untuk neso, masalahnya saya takut telat kirim, apakah harus di terima tanggal 1 atau cap pos terkahir tanggal 1 agustus 2008? truss apakah kalau legalisir ijasah bisa pake notaris atau nggak karena aku tugas di daerah dan kampus aku jauh di jawa? sebelumnya aku PNS di Sulawesi tenggara. Thanks

16 10 2008
sani

mas kemas

apa bedanya registrasi di bulan maret sama yang registrasi bulan agustus, trus untuk registrasi 2009 kapan mulainya, apa yang harus saya lakukan sambil menunggu yg bulan maret atau agustus

terimakasih banyak sebelumnya

sani

20 10 2008
Kemas

Registrasi bulan agustus kayaknya untuk yang berasal dari luar pulau Jawa.

Registrasi 2009 biasanya dibuka pada pertengahan Januari 2009.
Sambil menunggu maret / agustus mbak sani bisa memperdalam kemampuan berbahasa inggris dan belandanya …

Best Regards,
Kemas

22 10 2008
pnsyogya

ipk cuma 2,6 toefl 340 bisa ikutan tdk
toeflnya toel like dari uny yyogya

22 10 2008
pns yogya

ipku cuma 2,6 toefl 530 dari ptn yogya (UNY) TOEFL LIKE
boleh nggak cuma toefl like kalo udah keterima baru toefl intitusional (mahal sih)
ip wajib nggak 2,75

14 11 2008
enqie

Salam kenal semua,
Mas saya mau tanya tentang essay yang kita ajukan..
Dalam essay tersebut kita harus nulis tentang apa saja? Maksud saya, selain tentang mengapa tertarik untuk ambil program tersebut apakah dlam essay itu kita harus mencantumkan apa saja yang kita lakukan disana?

Terimakasih atas bantuannya

Dank u wel

15 11 2008
bagindokemas

essay ?
pengalaman saya mengajukan stuned di tahun 2007.
Tidak ada essay, yang ada hanya melengkapi STUNED FORM …

setahu saya essay dibuat ketika kita meminta accpetance letter dari perguruan tinggi di Belanda.

bgitu mas/mbak …

18 11 2008
zinder

mas kemas minta infonya donk…
stuned 2009 kira2 kapan dibuka lagi??
thx b4

18 11 2008
zinder

mas kemas minta infonya donk…
stuned 2009 bulan apa dibukanya??
thx b4

17 03 2009
Hendrik

Bang Bagindo,
Apakah info ada kemudahan untuk orang-orang dari luar Jawa mendapat beasiswa Stuned, yakni TOEFL score hanya 450 untuk dikursuskan English lebih lanjut oleh panitia. Benarkah? Kalo benar yang ini gimana caranya?
dan apakah ada program program cursus untuk program good government bagi PNS di Indonesia Timur diUniversitas – universitas di Belanda?

Best Regards,
Hendrik

17 12 2009
bayu

salam bang bagindo,
gimana sih cara daftar waktu pra registrasi?
terus apa2 saja syarat dan ketentuan yang berlakunya?
tarimo kasih infonyo….

Leave a Reply

