Contoh Sangat Sederhana ttg Penggunaan Java Script (1)

10 02 2008
Java Script adalah bahasa scripting yang ringan, free, bersifat interpreter (skrip dieksekusi tanpa proses kompilasi) dan didesain untuk membuat web menjadi semakin interaktif (definisi dari buku pak Andi Sunyoto, Mkom).
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh sangat sederhana tentang penggunaan java script, dimana saya menambahkan event OnMouseOver pada bagian logo dan tulisan dari gambar IT Telkom.

Setiap kali mouse lewat di atas bagian logo atau tulisan IT Telkom, maka akan muncul tulisan : Ini Logo IT Telkom atau Ini Tulisan IT Telkom.
Berikut screen cast dari aplikasi :
ittelkomublog.jpg
Pada screen cast dari aplikasi di atas, ketika mouse dilewatkan di atas tulisan IT Telkom, maka di bawah gambar akan muncul tulisan : Ini Tulisan IT Telkom.
Sebaliknya pada screen cast yang kedua :
ittelkomublog2.jpg
ketika mouse dilewatkan di atas logo IT Telkom, maka di bawah screen cast akan muncul tulisan : Ini Logo IT Telkom.

Berikut penggalan source code Java Script yang saya gunakan :


function OnMouseOver(txt){
if(txt == “logo”)
document.getElementById(“Deskripsi”).innerHTML = “Ini Logo IT Telkom”;
else if (txt == “tulisan”)
document.getElementById(“Deskripsi”).innerHTML = “Ini Tulisan IT Telkom”;
}//end of function

Source Code lengkap dari aplikasi web di atas bisa didownload di sini .

Sedangkan gambar IT Telkom bisa didownload di sini .

Semoga tutorial sangat sederhana ini bermanfaat bagi anda yang baru memulai java script.

Best Regards,

Kemas Rahmat SW


Actions

Information

One response

14 04 2008
nawir

hello aku nawir, aku sekarang lagi ngikutin kuliah di politeknik negeri manado dan sedang mengikuti ujian java tapi banyak yg aku tidak tau seperti io tolongin aku dong

Leave a Reply

