Berburu beasiswa lewat “geMasTIK” !

6 07 2008

Kini, saatnya mahasiswa mengerahkan seluruh potensi dan kekuatannya untuk adu otak di Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi 2008 (geMasTIK 2008). geMasTIK merupakan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Depdiknas Dikti).

 

“Modal terbesar bangsa Indonesia adalah kreatifitas,” ujar Dirjen Dikti, Fasli Jalal pada Konferensi Pers di Kantor Depdiknas Dikti, Selasa (1/7).

Fasli menjelaskan, kreatifitas anak bangsa merupakan salah satu real potential yang menjadi peluang besar bagi kreatif industri. Oleh karena itu, Direktorat P2M Dikti bekerjasama dengan Institut Teknologi Telkom bersepakat untuk menggali potensi dan daya kreatifitas mahasiswa dari seluruh pelosok Indonesia.

“geMasTIK 2008 adalah loncatan besar. Potensial dan kreatifitas dalam membangun kreatif industri akan menjadi kekuatan ekonomi baru. Dengan demikian bangsa Indonesia siap bersaing otak di kancah internasional,” papar Fasli.

Fasli mengabarkan, “Berdasarkan peraturan menteri, Dikti menyediakan beasiswa bagi para juara geMasTIK yang ingin melanjutkan ke Strata 2 dan Strata 3.”

Senada dengan Fasli, Direktur P2M Dikti Prof. Mochammad Munir menambahkan, “Mahasiswa yang berminat pada Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) harus tampil tidak hanya pada kompetisi nasional, tapi di kompetisi level internasional juga. Melalui geMasTIK 2008 diharapkan dapat membuktikan bahwa mahasiswa Indonesia tidak kalah inovatifnya dengan mahasiswa internasional,”

Sudah sejak 18 tahun yang lalu IT Telkom tetap setia memfokuskan diri pada bidang TIK. Tentunya geMasTIK 2008 menjadi salah satu bukti dedikasi dalam menyongsong pertumbuhan TIK sekaligus juga merupakan kebanggaan tersendiri. Hal itu dibenarkan Rektor IT Telkom Ir. Husni Amani.,MSc. “Dengan tema Inovasi TIK untuk Meningkatkan Daya Saing dan Martabat Bangsa, geMasTIK menjadi puncak kegiatan yang akan mendorong Perguruan Tinggi Indonesia untuk berprestasi,” ujar Husni.

Husni memaparkan, akan ada 7 kategori kompetisi antara lain ; smartware contest, Logic Contest: Algorithm, Logic Contest : Data Mining, Logic Contest : Network Security, Application Contest, Business Game dan Paper Contest tanggal 22-24 Oktober. Dewan juri berasal dari Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), ITS, IT Telkom dan PT. Telkom Indonesia, dimana Prof. Dadang Gunawan bertindak sebagai Ketua Dewan Juri geMasTIK 2008.

Selain kompetisi, geMasTIK 2008 juga menggelar Seminar Nasional TIK yang bertajuk Peran TIK Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Nasional pada tanggal 23-24 Oktober 2008. Seminar akan mengundang pembicara dari kalangan industri, pemerintah dan pakar dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

geMasTIK juga menggelar Pameran TIK dan Temu Bisnis. Pagelaran ini merupakan pameran teknologi, produk, hasil karya dan inovasi. Pameran tidak hanya berupa karya para finalis saja, tapi juga dari industri, institusi pendidikan dan lembaga pemerintahan yang berkecimpung di bidang TIK.

Ketua Pelaksana geMasTIK 2008, Ir. Wiyono, MT berharap event pertama dari geMasTIK ini bisa semegah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), “Target geMasTIK 2008 sebanyak tiga ribu peserta,” ujar Wiyono,

Ia mengatakan, bahwa peserta geMasTIK bisa diikuti seluruh mahasiswa Indonesia dari berbagai latar belakang, jadi tidak hanya mahasiswa teknologi informasi dan telekomunikasi saja.

Sudah saatnya generasi muda beraksi sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Sumber berita : Riska Tell


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: