Interaksi Organisasi dengan Komputer (Pengantar)

22 11 2008
Levels of analysis

Eason’s 1991 Socio-technical systems: Levels of analysis

Istilah di atas baru aku dengar di mata kuliah Interaksi Manusia dengan Komputer (IMK) S2 MTI UGM.  

Pertanyaan yang muncul ketika membaca istilah di atas adalah : apa itu organisasi ? siapa saja di organisasi yang berinteraksi dengan komputer? keuntungan apa yang diperoleh organisasi dari berhubungan dengan komputer ? apa saja aplikasi yang paling luas dampaknya bagi kinerja organisasi ?

Menurut mbah google, Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerja bersama-sama dibawah suatu struktur yang terdefinisi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dengan dukungan penggunaan finansial, sumber daya manusia dan material. Pak Eko Nugroho (Dosen IMK ku) mendefinisikan ada empat pengguna Komputer di Organisasi, yaitu : OWNER/MANAJEMEN, USER/OPERATOR, KONSULTAN/TIM AHLI, dan VENDOR. Masing-masing pengguna memiliki karakteristik yang berbeda yang mempengaruhi interaksi mereka terhadap komputer.

1. Karakteristik Owner / Manajemen : EFEKTIF, EFISIEN, ANDAL, CEPAT, AKURAT, AMAN, MURAH, MEMBERI NILAI TAMBAH ORGANISASI, INGIN KINERJA MAKSIMAL …

2. Karakteristik Operator / User : MUDAH, NYAMAN, MEMBERI NILAI TAMBAH PRIBADI, TAK SUKA TERGESA-GESA, TAK TERLALU MEMIKIRKAN EFISIENSI, YG PENTING TUGAS SELESAI, KINERJA SEBISANYA

3. Karakteristik Konsultan / tim Ahli : BIASANYA LEBIH BERPIHAK PADA MANAJEMEN, MENCARI TITIK TEMU ANTARA KEPENTINGAN MANAJEMEN DAN USER, PUNYA KEPENTINGAN SENDIRI YAITU NAMA BAIK KONSULTAN (SISTEM SUKSES), IDEALIS INGINNYA SEMPURNA, SERING TERLALU TEKNIS

4. Karakteristik Vendor : JUALAN LAKU, KEBERHASILAN SISTEM, KENYAMANAN SISTEM, DLL JADI NOMOR DUA. YANG BAGUS DIBESAR-BESARKAN, YANG JELEK DITUTUPI.

Selain dipengaruhi oleh jenis pengguna, interaksi organisasi – komputer juga dipengaruhi hirarki kebutuhan dalam suatu organisasi. Ada 2 teori yang berkaitan erat dengan hirarki ini, yaitu : teori Abraham Maslow dan Teori XY dari Douglas McGregor.

Teori XY dari Douglas McGregor menyatakan di organisasi ada dua golongan individu:  individu yang berperilaku TEORI X dan yang berperilaku teori Y.

Individu yang berperilaku teori X punya sifat : TAK SUKA DAN BERUSAHA MENGHINDARI KERJA, TAK PUNYA AMBISI, TAK SUKA TANGGUNG JAWAB, TAK SUKA MEMIMPIN, SUKA JADI PENGIKUT, MEMIKIRKAN DIRI TAK MEMIKIRKAN TUJUAN ORGANISASI, TAK SUKA PERUBAHAN, SERING KURANG CERDAS. Contoh Individu dengan teori X : pekerja bangunan.

Individu yang berperilaku teori Y punya sifat : SUKA BEKERJA, COMMIT PADA PEKERJAAN, SUKA MENGAMBIL TANGGUNG JAWAB, SUKA MEMIMPIN, BIASANYA ORANGNYA PINTAR. Contoh teori Y : manajer yang berorientasi pada kinerja.

Dalam teorinya, Abraham Maslow berpendapat kebutuhan manusia ada 5 macam (FISIOLOGIS, KEAMANAN, KASIH SAYANG, MERASA DIHARGAI, AKTUALISASI DIRI) yang disusun dalam bentuk segitiga. Kita dapat menyusun hubungan antara teori Abraham MAslow dengan teori XY dalam gambar berikut :

Hubungan antara Teori Maslow dengan teori XY

Hubungan antara Teori Maslow dengan teori XY

Dari gambar di atas, kita bisa ambil kesimpulan sementara bahwa sebuah organisasi akan diisi dengan pekerja yang penuh semangat, berdedikasi tinggi (berperilaku teori Y) jika organisasi tersebut berhasil memenuhi kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa kasih sayang, merasa dihargai, dan aktualisasi diri dari seluruh pekerja. Di sisi lain, pekerja yang berperilaku Y tidak lagi menuntut pemenuhan kebutuhan fisiologis atau rasa aman.

Pertanyaan berikutnya, “Kenapa sih organisasi berinteraksi dengan komputer ?” Well, dewasa ini, data dan informasi bergerak sangat cepat dalam jumlah yang banyak dan kita harus ingat, data dan informasi tersebut sering sekali berubah bentuk dan arti. Jelas sekali, organisasi membutuhkan komputer untuk melakukan pengolahan data kompleks dan bervolume besar serta sering berubah ini. Keuntungan yang diharapkan dari penggunaan komputer ini adalah semakin efisien dan cepatnya proses-proses di dalam suatu organisasi.

Pertanyaan terakhir : “pada interaksi organisasi dengan komputer, jenis aplikasi apa yang paling luas dampaknya bagi kinerja organisasi”? temukan jawabannya di artikel saya berikutnya yang berjudul “Peranan Interaksi Organisasi Komputer (IOK) dalam Implementasi Sistem Informasi di suatu organisasi“.

Demikian, semoga bermanfaat.

Kemas Rahmat SW (www.bagindokemas.com)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: