Pembuktian Moore’s Law

18 02 2009

Moore’s Law adalah hukum yang menggambarkan tren perkembangan hardware komputer dalam jangka waktu panjang. Menurut Moore’s Law : Perkembangan Teknologi Informasi di bidang hardware komputer meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan atau 1,5 tahun (dari wikipedia).

Pada kuliah Teknologi Informasi dan Masyarakat (atau disingkat TIM), pak Prof Adhi Susanto membuktikan kebenaran Moore’s Law.

Pak Prof Adhi Susanto mengambil contoh pada tahun 1968, UGM mendapatkan komputer dengan memory 4 KB. Dan pada tahun 1998, kita sudah mengenal komputer dengan memory 4 GB. Pak Prof Adhi Susantolalu mencoba untuk menerapkan Moore’s Law pada contoh di atas.

1998-1968 = 30 tahun = (20 x 1,5 tahun).

sesuai dengan moore’s law berarti dalam 30 tahun, terjadi 20 kali peningkatan kapasitas memory komputer. Dengan demikian, kita dapatkan 2 pangkat 20 = 2 pangkat 10 x 2 pangkat 10 = 1024 x 1024 = + 1 juta. Terbukti pada tahun 1998, kita dapatkan memory yang berkapasitas 1 juta kali dibandingkan dengan kapasitas memory pada tahun 1968.

Moore’s Law memang terbukti tepat meramalkan tren perkembangan hardware komputer. Namun Moore’s Law tidak bisa mengukur berapa kali lipat kegunaan dari komputer pada tahun 2029 nanti dibandingkan dengan tahun 2009 sekarang. Apakah ada di antara rekan-rekan blogger yang bisa meramalkan tren perkembangan kegunaan komputer di masyarakat ?

Ditunggu jawabannya, trims.

Kemas Rahmat SW.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: