Personal Information System

22 04 2009

Personal Information System (PIS). Ide inilah yang mengemuka di otak saya ketika berbicara tentang aplikasi internet di abad ke 21.

PIS merupakan sistem informasi berbasis web yang memberikan informasi kepada individu. Ada 4 macam informasi yang dimaksud :
1. Informasi pribadi seperti data riwayat medis dan performa tubuh individu di saat ini (denyut jantung, tekanan darah, keadaan paru-paru,dll).
2. Informasi terkait preferensi seperti jenis buku favorit, jenis musik favorit, dan jenis makanan favorit.
3. Informasi terkait kenyamanan seperti history pemakaian pakaian, kecocokan pakaian yang kita pakai dengan acara yang akan dihadiri. Selain itu, PIS juga menyediakan informasi tentang cuaca hari ini di tempat tertentu.
4. Informasi terkait keselamatan seperti apakah tempat wisata yang akan kita kunjungi termasuk tempat yang kena travel warning, history bencana alam di suatu tempat, dan pemberitahuan jika terjadi bencana alam di tempat yang kita sedang kunjungi.

Layanan yang diberikan kepada indivu oleh PIS adalah sbb:
1. Personal Health Service (PHS). PHS menyediakan data riwayat medis dari Individu.
PHS sangat penting bagi individu karena bisa membantu menentukan apakah jenis olahraga yang dilakukan cocok dengan riwayat medis. Selain itu, PHS juga membantu individu memutuskan apakah makanan yang akan dibeli di sebuah supermarket bermanfaat bagi tubuh atau tidak.
PHS adalah layanan yang disediakan oleh Sistem Informasi Departemen Kesehatan. Untuk menggunakannya, PIS harus mengakses Application Programming Interface (API) yang disediakan oleh Sistem Informasi Departemen Kesehatan.

2. Current Body Performance Service (CBPS). CBPS memberitahukan kepada individu performa dari tubuhnya saat ini. CBPS penting bagi individu, karena bisa membantu individu mengetahui kondisi terkini dari tubuhnya mulai dari tingkat stress, tekanan darah, denyut jantung, kondisi pernafasan, jantung sampai paru-parunya ketika sedang beraktivitas. Dengan mengetahui kondisi terkini dari tubuhnya, individu bisa memastikan apakah dia fit atau tidak ketika akan memulai sesuatu aktivitas.
CBPS adalah layanan yang disediakan oleh perusahaan ROLEX. Perusahaan ROLEX membuat jam tangan khusus yang memiliki fitur bisa mengirimkan ke Web Application Server ROLEX kondisi tubuh terkini dari individu. Web Application Server Rolex akan mengolah data tersebut dan menghasilkan informasi. Informasi itu akan diagregasikan ke dalam sebuah mashup. Nah, mashup itulah yang diambil dan ditampilkan oleh PIS kepada individu.

3. Personal Preference Service (PPS). PPS memberitahukan kepada individu apa saja produk-produk yang disukainya. PPS penting bagi individu, karena memudahkan individu untuk mengetahui produk yang disukai dari sebuah toko buku / toko musik / tempat perbelanjaan. PPS juga memberitahukan kepada individu produk apa saja yang sudah pernah dibeli di suatu toko buku / toko musik. Dengan demikian, individu akan terhindar dari membeli produk yang sama tapi dikemas berbeda.
PPS adalah layanan yang disediakan oleh e-commerce konsorsium pedagang retail. Setiap transaksi yang dilakukan oleh individu direkam oleh e-commerce ini untuk diolah menjadi personal preference information. Selanjutnya e-commerce mengemas personal preference information ke dalam PPS.
Untuk bisa menggunakan PPS ini, maka PIS mengakses API yang disediakan oleh e-commerce konsorsium pedagang retail.

4. Personal Comfortable Service (PCS). PCS memberitahukan kepada individu history dari pakaian yang ada di lemari. Selain itu, PCS juga memberikan informasi cuaca di tempat individu berada pada saat ini.
PCS penting bagi individu, karena bisa membantu individu memutuskan pakaian apa saja yang cocok dikenakan di acara tertentu. PCS juga akan mengingatkan individu untuk mengganti pilihan pakaian jika audiens dari acara yang akan dihadirinya pernah melihat pakaian tersebut. Selain itu PCS juga memberikan saran apa yang harus dipersiapkan individu menghadapi cuaca hari ini.
PCS adalah agregator dari 2 layanan yaitu : Wardrobe Intelligent Service (WIS) dan Weather Forecast Service (WFS).
WIS disediakan oleh Wardrobe Intelligent System. Setiap kali individu menggantung pakaian / meletakkan pakaian ke intelligent wardrobe (lemari pakaian pintar), maka Wardrobe Intelligent System akan mencatat informasi detail dari pakaian tersebut. Begitu juga ketika individu mengambil pakaian tertentu dari intelligent wardrobe, maka Wardrobe Intelligent System akan mengemas statistik pemakaian tersebut ke dalam WIS untuk digunakan oleh PIS.
WFS merupakan layanan yang disediakan oleh Sistem Informasi Pemantau Cuaca Badan Klimatologi, Meteorologi dan Geofisika (BKMG). PIS memperoleh WFS dengan mengakses API yang disediakan oleh Sistem Informasi Pemantau Cuaca BKMG.

5. Personal Safety Service (PSS). PSS memberitahukan kepada individu status dan informasi detail mengenai keamanan dari suatu tempat.
PSS penting bagi individu karena bisa membantu individu untuk memutuskan apakah suatu tempat aman dikunjungi atau tidak. Bila terjadi bencana alam di tempat yang sedang dikunjungi individu, PSS juga akan memberitahukan hal tsb langsung kepada individu.
PSS adalah agregator dari dua layanan yaitu : National Safety Service (NSS) dan Real-Time Disaster Tracking System (RDTS).

PIS menggunakan NSS dengan mengakses API yang disediakan oleh National Safety Department Information System. Sedangkan PIS menggunakan RDTS dengan mengakses API yang disediakan oleh Real-Time Disaster Tracking Committee Information System.

Demikian ramalan saya tentang aplikasi internet di abad 21 ini. Semoga Bermanfaat.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: