Bagaimana membuat koneksi Visual Studio 2008 dengan SQL Server 2005 Developer Edition berjalan lancar

26 05 2009

Sebagaimana kita ketahui, Visual Studio 2008 dan SQL Server 2005 Express Edition merupakan satu pasangan yang kompak. Namun, pasangan yang kompak ini tidak bisa memenuhi kebutuhan akan fitur-fitur lengkap pengaturan database. Oleh karena itu, untuk kasus ini kita harus menggunakan DBMS versi non-express seperti SQL Server 2005 Developer Edition.

Langkah pertama yang kita lakukan tentu saja menguninstall SQL Server 2005 Express Edition. Sebenarnya DBMS versi Express Edition dan Developer Edition bisa berjalan dengan baik dalam satu mesin. Tapi untuk menghemat space hardisk dan memory serta ‘kerapian’ maka sebaiknya kita mengganti DBMS versi Express Edition dengan versi Developer Edition.

Langkah kedua adalah menginstall SQL Server 2005 Developer Edition. Fuady Rosma Hidayat sudah memaparkan langkah-langkah detail instalasi SQL Server 2005 di link ini.

Langkah ketiga adalah menjalankan Visual Studio 2008 dan memilih urutan menu File->New->Project. Pastikan anda memilih Windows Form Application dan klik OK.

Langkah keempat adalah Add Data Source. Pilih urutan menu Data->Add New Data Source dan klik Next

choosedatasource

Di window berikutnya pilih New Connection. Isikan server name dan Database Name anda. Tekan tombol Test Connection. Gimana ? Kalau pesan yang anda terima adalah Test Connection Failed (User … is not authenticated/registered/valid), maka anda harus mengikuti langkah berikut ini. Namun, kalau pesan yang anda terima adalah Test Connection Succeeded, maka anda sebaiknya tutup halaman blog ini.

Langkah kelima adalah cari icon SQL Server Management Studio di start menu. Klik kanan di icon tsb dan pilih Run as administrator. Klik Tombol Connect ketika program meminta kita untuk konfirmasi koneksi ke server

Connect to serverLangkah keenam adalah pilih menu New Query di sebelah kiri atas Microsoft SQL Server Management Studio. Tak berapa lama, window putih akan muncul di sebelah kanan layar. Di sinilah kita ketikkan query kunci CREATE LOGIN [NamaKomputer\NamaUser] FROM WINDOWS; Setelah selesai mengetikkan query tersebut, tekan F5.

NewQuery2

Bila anda sudah melakukan langkah pertama sampai keenam, anda bisa melanjutkan pekerjaan anda di Visual Studio 2008 dan SQL Server 2005 Developer Edition dengan lancar.

Selamat Mencoba …🙂

Langkah kelima adalah kontribusi penuh dari I Made Arsa sedangkan langkah keenam adalah kontribusi penuh dari Xurnix.


Actions

Information

8 responses

11 06 2009
robicanio

nyontek ya….

12 06 2009
bagindokemas

gak sepenuhnya nyontek.

aku niru langkah2nya mas fuady, trus menerapkan trik dari teman sekelasku agung dan i made arsa.

16 08 2009
wawanjegol

salam kenal mas…ne pas banget am situasiQ skrng yg lg bingung koneksi sqlserver 05 am vs08 sedikit terjawab sudah, makasih bangat ya.?

oya satu lagi klo boleh nanya:” pada kode mainclass tepatnya di dbconnection.vb&mainlbrary.vb,fungsinya buat apa?”apakah koneksi sqlserver dah terwakili oleh skrip2 itu, atau hukumnya wajib melakukan juga koneksi seperti penjelasan d blok ini????

karna trus terang saya mash berfikir klo koneksi SQLserve dah terwakili oleh kedua class itu (dbconnection.vb&mainlbrary.vb).

26 08 2009
bagindokemas

@wawanjegol: salam kenal juga…
terus terang, aku belum pernah mencoba pake dbconnection.vb&mainlbrary.vb sehingga untuk koneksi SQL Server menurutku sudah terwakili oleh langkah2 yang kuposting di postingan ini …

17 01 2010
bejo

mas gimana ya cara nginstal visual studio 2008

27 04 2010
dikir234

maaf ni…..pemula…..

tahu referensi buat balajar visual studio 2008 gk??? n sekalian sql servernya????

mo tny ni.. apakah setelah install visual studio 2008 juga instal sql server????

29 03 2011
nti

mau tanya dong, knp saya ttp gag bsa connect antara sql server sma visual studiony yah?

28 04 2011
jeje

mas mo nnya, kenapa setiap saya ngebuka koneksi sql ny atau cuma liat aja malah isi dtabase ny jdi keapus smua.
tu slah ny dmna y ms?
mkasie y..
^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: