GeNia Begins

16 06 2009

geniaHMIF, HMTI, dan HIMATEL di STT Telkom selalu memiliki kegiatan-kegiatan BESAR yang menjadi ciri khas mereka setiap tahunnya. Kegiatan BESAR di sini berarti kegiatan tersebut meliputi semua mahasiswa di STT Telkom, skala kegiatan Jawa Barat sampai Nasional, durasi pelaksanaan kegiatan biasanya satu minggu kemudian acara-acara yang terdapat di kegiatan BESAR itu berlangsung dengan meriah dan diikuti dengan penuh  antusias oleh mahasiswa STT Telkom. Dan yang paling penting, kegiatan BESAR tersebut menjadi kebanggaan bagi Himpunan itu sendiri.

HMIF STT Telkom yang didirikan pada tahun 1993 juga memiliki kegiatan BESAR tersebut. Dari semua kegiatan BESAR HMIF tersebut, yang penulis ketahui rekam jejaknya adalah kegiatan BESAR HMIF dari tahun 2000-2004.

Pada tahun 2000, kegiatan BESAR HMIF diberi nama Informatics Shoot Out. Detail kegiatan seperti apa, penulis sama sekali lupa J, namun kegiatan ini berlangsung dengan lancar. Dari kurun waktu 2001-2004, HMIF punya satu merek untuk kegiatan BESAR ini, yaitu PEKAN IF. Dari segi penyelenggaraan acara, PEKAN IF berjalan lancar, namun dari segi antusiasme mahasiswa untuk mengikuti PEKAN IF tidak terlalu tinggi. Sambutan mahasiswa juga dingin-dingin saja.

PEKAN IF yang tidak terlalu sukses dan tidak mendapat sambutan hangat di STT Telkom ini mendorong munculnya ide di HMIF periode kepengurusan Bahtiar dan Ridho Nur Imansyah (HMIF tahun 2004-2005) untuk menyelenggarakan kegiatan BESAR dengan nama, tema, konsep yang baru dan segar. Untuk membuat konsep baru dari kegiatan BESAR ini, Pengurus HMIF lalu membentuk panitia khusus yang berisikan pengurus HMIF sendiri (Iman, Andika, Abah, Novia, dll) ditambah beberapa “muka lama” di kalangan eksternal HMIF seperti penulis, Riano Oskar (Wakil Ketua HMIF thn 2003), Yudha, dan beberapa nama lain yang penulis lupa.

Panitia Khusus (Pansus) mulai bekerja sekitar sebulan sebelum bulan Ramadhan tahun 2004. Pembahasan pertama yang paling alot di pansus ini adalah nama dari Kegiatan BESAR. Ada yang mengusulkan nama Informatics Shoot Out (ISO), ada juga yang mengusulkan nama lainnya. Karena pembahasan deadlock, maka pansus diskors 1×24 jam untuk memberikan waktu kepada anggota pansus untuk menggodok konsep nama kegiatan BESAR yang bagus. Pada masa skorsing inilah, penulis berusaha keras mencari nama yang pas. Dan, di luar dugaan, ketika sedang mencuci piring di kamar mandi tiba-tiba penulis teringat akan nama praktikan BasisData yang cukup unik yaitu P*** I#### Genia. Penulis merasa cocok dengan kata Genia ini dan lalu mencoba mereka-reka kepanjangan yang pas dari genia ini sehingga penulis menemukan kepanjangan dari genia adalah Gema Anak Informatika. Singkat kata, Pansus akhirnya menyetujui nama GeNia menjadi nama kegiatan besar HMIF di tahun 2005 nanti. Penyesalan penulis dari proses menemukan nama ini adalah pansus belum sempat meminta izin kepada pemilik nama belakang GeNia atas pemakaian namanya menjadi nama kegiatan BESAR di HMIF J

Pansus lalu berubah menjadi Steering Committee (SC) dan mulai merekrut Organizing Committee (OC). Raden Abi Hanindito (Dito) terpilih menjadi Ketua Umum GeNia 2005. Supaya Genia 2005 berjalan dengan sangat sukses, semua anggota SC harus menjadi anggota OC juga. Total panitia GeNia 2005 adalah 92 orang.

Berikut penjelasan lebih rinci tentang GeNia 2005 yang dimuat di InZip (majalah HMIF) tahun 2004 :

GeNia 2005 bertema “Meningkatkan kerjasama di kalangan civitas akademika STT Telkom untuk meningkatkan kualitas sebagai mahasiswa Informatika guna menghadapi tantangan yang dihadapkan di dunia IT” dan berslogan “ Sound of Informatic “ GeNia 2005 dijadikan sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi dan kreativitas mahasiswa Teknik Informatika STT Telkom pada khususnya, serta meningkatkan civitas akademika pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Yang mendasari diadakannya GeNia 2005 adalah keinginan Himpunan Mahasiswa Informatika ( HMIF ) STT Telkom untuk melakukan suatu “Gebrakan” untuk menunjukkan eksistensi jurusan Informatika STT Telkom di kalangan masyarakat, mengingat kondisi  Jurusan Informatika STT Telkom yang terkesan “tenggelam”. Hal ini dipacu juga dengan motivasi untuk meningkatkan solidaritas serta kerja sama antara Mahasiswa Informatika STT Telkom, Himpunan Mahasiswa Informatika STT Telkom, dan Jurusan Informatika STT Telkom.

Sasaran GeNia 2005 adalah mahasiswa STT Telkom, Mahasiswa se – Bandung Raya, Mahasiswa dan Pelajar SMU se – Indonesia, serta masyarakat umum. Adapun list acara GeNia 2005 adalah sebagai berikut :

  • Pertandingan CS
  • Seminar Sex Education “ Fenomena Sex In The Kost di Kalangan Mahasiswa
  • Konser STT Idol featuring UKM Band
  • Penyisihan Programmning Contest
  • Pertandingan WE
  • Festival Band
  • Pengumpulan Karya Lomba Web Design
  • Pengumpulan Karya Lomba Animasi Bertema
  • Pameran IT
  • Workshop 3Dmax dan Video Editing

Bila kita lihat dari daftar acara di atas, ada beberapa acara yang terbilang baru dan unik. Seperti Seminar SEX yang ternyata laris manis tiketnya J, kemudian STT Idol yang di setiap minggunya selalu dipadati penonton dan memiliki konsep panggung berbeda, mulai dari konsep pesta sampai suasana di pekuburan. Ada juga acara Programming Contest tingkat SMA dan perguruan tinggi yang mendapatkan attensi khusus dari Wakil Ketua STT waktu itu yaitu pak Imam Harjono.

Selain acara yang baru dan unik, acara-acara lama tapi dengan gaya baru seperti berbagai workshop 3D, Video Editing dan kontes Winning Eleven dan Counter Strike juga tetap diminati mahasiswa.

GeNia 2005 diselenggarakan sebulan penuh dan butuh dana yang sangat banyak. Ada banyak hambatan yang ditemui panitia termasuk krisis finansial dan kritik keras dari elemen mahasiswa terhadap acara STT Idol. Namun secara keseluruhan, GeNia 2005 terbilang sukses dan mendatangkan kekaguman dari civitas academica di STT Telkom. BKA, Rektorat, dan Dosen-dosen IF mulai dari kajur IF sampai dosen biasa  juga menjadi aware terhadap HMIF dan kegiatan GeNia-nya. Di mata himpunan lainnya dan BEM juga, HMIF terbukti mampu menyelenggarakan acara fenomenal seperti GeNia 2005. Salah satu bukti keberhasilan GeNia 2005 adalah tingginya tingkat partisipasi mahasiswa terutama yang non-aktivis terhadap acara-acara di GeNia 2005.

Bila kita lihat di balik dapur, GeNia 2005 menjadi kawah candradimuka bagi mahasiswa baru seperti sebut saja misalnya Rolly Maulana, Jaka Ariya, Salma, Qory, Afwan, dll. Genia 2005 juga banyak diisi oleh mahasiswa pada tahun ketiga dan keempat yang selama ini jarang mau terlibat di kegiatan HMIF. Selain itu, krisis finansial yang melanda GeNia juga menjadi ujian pertama bagi ketua HMIF terpilih tahun 2005-2006 yaitu Erda Guslinar J .

Fakta berbicara, acara paling diingat dan keren sepanjang tahun 2005 di STT Telkom adalah GeNia 2005 dan pesaing dari GeNia bukanlah kegiatan BESAR HMTI atau HIMATEL, tapi kegiatan BESAR dari BEM waktu itu yaitu STT Expo J.

Di tahun 2006 sampai tahun 2009 ini eksistensi GeNia tetap dipertahankan oleh para pengurus HMIF. Mereka memberi label GeNia Return, Genia Vaganza, dll. Nah, untuk GeNia 2005 izinkan penulis untuk memberi label GeNia Begins …

.PUT IN THE BLACK BOX.


Actions

Information

3 responses

22 07 2009
wulan

wahhh saya memang salut waktu acara GENIA 2005..
apalgi STT idol….kangen masa2 di sana..

31 10 2009
tia

mas,bleh nannya nggak…
contact person panitia genia???
cz nie aku bigung ngumpulin web’e….

g dikasih tau apa2 nich…

15 02 2010
febrianto

pak kemas. download materi kuliah dimana ya pak? kok ga update slidenya pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: